JIKA ANDA INGIN MELIHAT LEBIH LENGKAP ANDA HARUS MENUNJUNGI BLIG INI....

Sabtu, 01 Juni 2013

tentang desa Kaluwatu




Desa Kaluwatu
Foto Desa Kaluwatu 

"KALUWATU IKEKENDAGE SARANG PAPATEKU" itulah semboyan warga kampung kaluwatu yang terkenal dengan keberanian dan persatuannya.

Desa Kaluwatu Adalah desa yang terletak di Kec.manganitu selatan, kabupaten Sangihe

untuk melihat Sejarah desa Kaluwatu kita bisa lihat di http://tanawangkobigland.blogspot.com/

kaluwatu juga disebut Desa Pendidikan karena bisa dikatakan kaluwatu pernah memiliki sekolah alkitab dan Bahasa belanda dan sangihe yang dibangun sebelum Indonesia merdeka dan sekarang sudah menjadi SMP Negeri 1 manganitu selatan.

Desa Kaluwatu dulu memiliki 6 dusun namun 2 dusun lainya sudah berdiri sendiri yaitu pindang dan Sampakang yang sudah menjadi desa Pindang. jadi tersisa 4 dusun yaitu Soa kaluwatu, Pindang apeng, Tetilde dan Bembuni.

Desa Kaluwatu memiliki 5 sekolah yaitu : SMK Negeri 1 Mangsel, SMP Negeri 1 mangsel, SD GMIST Sesawi Kaluwatu, SD Negeri 1 Pindang Apeng dan SD Negeri 1 Tetilade (lokasi Tetilade Puncak).

Beberapa Gereja yang ada di kampung Kaluwatu yaitu GMIST SESAWI KALUWATU, MENARA INJIL KALUWATU, PANTEKOSTA ( ada 2) , MENARA INJIL PINDANG APENG, KEMAH INJIL PINDANG PANTAI, MENARA INJIL TETILADE, GMIST SEMBALAGHENG, GMIST TETILADE ATAS DAN BAWAH

Tempat wisata Kaluwatu : Batu mawira, batu balunsude, Batu takawangka, batu tatelu, dll

Desa kaluwatu sangat berprestasi di olahraga sepak bola dan sangat diperhitungkan di kabupaten sangihe bahkan Sulawesi utara.Ada beberapa Pemain Bintang Selatan Kaluwatu yang sangat berpengaruh yang sudah menjadi legenda hidup sepak bola Kaluwatu yakni : Alexander Bulangkase, M,Mendomba, Bek kembar ( Abe dan Embi), S.bulangkase, D.Bulangkase, W.lahengko, Akang usa, Sonix rakinaung . dan masih ada beberapa nama.

Lihat juga Grup desa Kaluwatu yang ada di Facebok


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com