JIKA ANDA INGIN MELIHAT LEBIH LENGKAP ANDA HARUS MENUNJUNGI BLIG INI....

Minggu, 01 September 2013

Pengertian lengkap Kreativitas

Kreativitas merupakan bagian dari tujuan yang sulit dan menimbulkan berbagai perbedaan pandangan. Perbedaan ini terletak pada definisi kreativitas, criteria perilaku kreativitas, proses kreatif, hubungan kreativitas dan intelegensi, karakteristik orang kreatif, korelat-korelat kreativitas, dan upaya untuk mengembangkan kreativitas.

Kreativitas didefinisikan berbeda-beda sehingga pengertian kreativitas tergantung pada bagaimana orang mendefinisikannya. Hal ini menurut Supriyadi ( 1994 : 6 ) disebabkan karena dua alasan :Sebagai konstruk hipotesis, merupakan ranah psikologis yang kompleks dan multidimensional, yang mengandung berbagai tafsiran yang beragam. Definisi-definisi kreativitas memberikan tekanan yang berbeda-beda tergantung dari dasar pembuat definisi.

Berdasarkan penekananya dimensi-dimensi kreativitas dapat dibedakan ke dalam dimensi person yang dikemukakan oleh Guilford, dimensi proses yang ditekankan oleh Barron nan doimensi press (penekanan) yang dikemukakan Amabile.



pengertian kreativitas menurut Munandar  (1985;47) adalah disini dia mengemukakan bahwa “Kreativitas adalah kemampuan untuk membuat kombinasi baru berdasarkan data, informasi atau unsur-unsur yang ada”.

Hal ini mengandung arti bahwa data, informasi atau unsur-unsur yang ada sudah dikenal sebelumnya, semua pengalaman yang sudah diperoleh baik selama di bangku sekolah maupun yang dipelajari dalam keluarga atau masyarakat.

Dengan demikian menjadi jelas, bahwa makin banyak pengalaman dan pengetahuan dimiliki seseorang semakin memungkinkan dia memanfaatkan dan menggunakan segala pengalaman dan pengetahuan tersebut untuk bersibuk diri secara kreatif. Hasil-hasil karya yang kreatif tidak timbul begitu saja tetapi membutuhkan persiapan. Seorang anak yang sedang belajar di bangku sekolah termasuk dalam masa persiapan. Demikian juga dengan semua data (pengalaman) memungkinkan seseorang menciptakan, yaitu dengan menggabung-gabungkan unsur-unsur menjadi suatu yang baru.

Namun dengan demikian bukan berarti makin banyak pengalaman seseorang akan semakin ia kreatif. Pengalaman dan pengetahuan memberikan kemungkinan untuk menciptakan dan mampu membuat beberapa kombinasi baru dari beberapa hal yang ada. Suharsimi Arikunto ( 1990:133) mengatakan bahwa “hasil belajar adalah hasil akhir setelah mengalami proses belajar, perubahan itu tampak dalam perbuatan yang dapat diamati, dan dapat diukur.




1 komentar:

  1. Contentnya sangat bagus dan bermanfaat sekali, terima kasih

    Perguruan Tinggi Indonesia Mandiri (PTIM)
    STMIK IM & STAN IM
    Menerima mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018
    1. Teknik Informatika (S1) Terakreditasi BAN PT
    2. Sistem Informasi (S1) Terakreditasi BAN PT
    3. Manajemen (S1) Terakreditasi BAN PT
    4. Akuntansi (S1) Terakreditasi BAN PT
    Kelas Reguler dan Karyawan
    Jenjang S1 kelas Reguler ditempuh dalam 8 Semester (3,5 Tahun)
    Jenjang S1 kelas Karyawan A dan Kelas Karyawan B ditempuh dalam 8 Semester (2,7 tahun), 1 semester = 4 Bulan (Tri Semester).
    Pendaftaran :
    Kelas Reguler
    Kelas Karyawan

    Info lengkap :
    www.imandiri.id/pmb 🌎www.stmik-im.ac.id 🌎www.stan-im.ac.id Telp : (022) 7272672 | (022) 7208180
    Fax : (022) 7271693
    WhatsApp : 082211888879
    Email : Info@stmik-im.ac.id, Info@stan-im.ac.id
    Jl. Jakarta No. 79 Bandung 40272
    Jawa Barat – Indonesia

    BalasHapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com