JIKA ANDA INGIN MELIHAT LEBIH LENGKAP ANDA HARUS MENUNJUNGI BLIG INI....

Rabu, 09 Oktober 2013

Metode Diskusi pada kegiatan belajar mengajar


Pengertian Lengkap Metode Diskusi



Metode diskusi adalah suatu cara mengelola pembelajaran dengan penyajian materi melalui pemecahan masalah, atau analisis sistem produk teknologi yang pemecahannya sangat terbuka.

Suatu diskusi dinilai menunjang keaktifan siswa bila diskusi itu melibatkan semua anggota diskusi dan menghasilkan suatu pemecahan masalah.

Metode diskusi adalah suatu cara mengajar yang dicirikan oleh suatu keterikatan pada suatu topik atau pokok pernyataan atau problem dimana para peserta diskusi dengan jujur berusaha untuk mencapai atau memperoleh suatu keputusan atau pendapat yang disepakati bersama.




Kelebihan dan Kelemahan Metode Diskusi





  • Kelebihan Metode diskusi



Adapun yang menjadi kelebihan dari Metode diskusi diantaranya:


  1. Membina siswa untuk berpikir matang-matang sebelum berbicara.

  2. Mendidik siswa untuk belajar mengemukakan pikiran atau pendapat.

  3. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh penjelasan-penjelasan dari berbagai sumber data.

  4. Dengan mendengarkan semua keterangan yang dikemukakan oleh pembicara, pengetahuan dan pandangan siswa mengenai suatu masalah (problem) akan bertambah luas.

  5. Melatih siswa untuk berdiskusi dengan baik di bawah asuhan guru.

  6. Merangsang/memberi semangat kepada siswa untuk ikut mengemukakan pendapat sendiri, menyetujui atau menentang pendapat teman-temannya.

  7. Memberi kesempatan kepada siswa untuk menghayati pembaharuan suatu problem bersama-sama.

  8. Mengembangkan rasa solidaritas/toleransi terhadap pendapat yang bervariasi atau mungkin bertentangan sama sekali.

  9. Membina suatu perasaan tanggung jawab mengenai suatu pendapat, kesimpulan, atau keputusan yang akan atau telah diambil.

  10. Berdiskusi bukan hanya menuntut pengetahuan, siap dan kefasihan berbicara saja tetapi juga menuntut kemampuan berbicara secara sistematis dan logis.








  • Kelemahan metode Diskusi



Adapun yang menjadi Kelemahan dari metode Diskusi diantaranya:


  1. Pembicaraan dalam diskusi mungkin didominasi oleh siswa yang berani dan telah biasa berbicara. Siswa pemalu dan pendiam tidak akan menggunakan kesempatan untuk berbicara.

  2. Dalam sebuah kelas tidak semua siswa berani untuk menyatakan pendapat sehingga waktu akan terbuang karena menunggu siswa mengemukakan pendapat.

  3. Diskusi yang mendalam memerlukan banyak waktu.

  4. Sulit untuk menentukan batas luas atau kedalaman suatu uraian diskusi.

  5. Tidak semua topik dapat dijadikan metode diskusi hanya hal-hal yang bersifat problematis saja yang dapat didiskusikan.

  6. Memungkinkan timbulnya rasa permusuhan antarkelompok atau menganggap kelompoknya sendiri lebih pandai dan serba tahu daripada kelompok lain atau menganggap kelompok lain sebagai saingan, lebih rendah, remeh atau lebih bodoh.



Jadi untuk mengatasi kelemahan dari metode Diskusi adalah Guru harus mengambil alih pada saat jam pelajaran hampir selesai dan menenangkan siswa kalau ini hanyalah untuk melatih bagamaina cara siswa untuk berdiskusi dan saling memberikan pendapat/masukan pada Diskusi yang sesunggunya dalam hal ini jika sudah berbaur dengan masyarakat. Guru hendaknya bisa membuat suswa tertawa atau adanya humor agar ketegangan siswa setelah perdebatan dalam diskusi itu dianggap hanyalah pelatihan semata.©Tetap Belajar


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com